Rabu, 28 Desember 2016

Monumen Bajra Sandhi Renon – Tempat Wisata Di Denpasar Bali



Monumen Bajra Sandhi Renon – Tempat Wisata Di Denpasar Bali

Objek wisata Monumen Bajra Sandhi, adalah sebuah monumen yang berada di jantung kota Denpasar, tempatnya berada di daerah Renon. Monumen ini dibangun dan didedikasikan untuk perjuangan rakyat pulau Bali. Banyak wisatawan domestik yang tidak tahu akan kawasan Renon Denpasar. Malahan yang banyak tahu tentang monumen Bajra Sandhi Renon adalah wisatawan asing. Seperti wisatawan Korea dan China. Pertanyaannya, Emang ada apa di kawasan Renon?
Jika Jakarta memiliki Monas, pulau Bali memiliki Bajra Sandhi. Sama-sama berfungsi sebagai monumen tugu peringatan. Rancangan arsitektur dari Monumen Bajra Sandhi sangat kental dengan arsitektur khas Bali, banyak ukiran dan pahatan yang sangat unik.

Sejarah Museum Bajra Sandhi
Pencetus ide pembangunan monumen ini adalah Prof Ida Bagus Matra saat itu menjabat sebagai Gubernur Bali, pada tahun 1980. Arsitektur dari monumen ini adalah Ir. Ida Bagus Gede Yadnya, beliau yang memenangkan kompetisi arsitektur monumen ini pada tahun 1981. Design arsitektur dari Ir. Ida Bagus Gede Yadnya memiliki arti hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, dengan design 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama dan ketinggian monumen 45 meter.
Monumen Bajra Sandhi Renon, awal pembangunan di mulai pada tahun 1981 kemudian sempat terhenti dan dilanjutkan pada tahun 1987. Peresmian dari Monumen Bajra Sandhi dilakukan oleh Presiden menjabat saat itu, Ibu Megawati Soekarno Putri, pada tanggal 14 Juni 2013. Di depan Monumen Bajra Sandhi inilah diadakannya parade pesta kesenian Bali setiap tahunnya, yang biasanya dibuka oleh Presiden Indonesia.
Monumen ini berdiri di lapangan Niti Mandala Renon. Lapangan yang yang sangat hijau dan kawasan Niti Mandala Renon setiap hari digunakan oleh masyarakat kota Denpasar, sebagai tempat untuk berolahraga seperti joging dan bermain sepakbola. Terutama saat sore hari, lapangan Niti Mandala Renon sangat ramai pengunjung.
Kawasan Renon Denpasar adalah kawasan pusat pemerintahan provisi Bali. Di kawasan Renon inilah kantor Gubernur Bali berada dan tepat berada di belakang Monumen Bajra Sandhi. Selain kantor Gubernur Bali, dikawasan Renon banyak terdapat kantor administratif lain dan kantor konsulat negara lain. Tentunya kami tidak akan membahas mengenai kantor pemeritahan di halaman ini.
Nama Bajra Sandi berasal dari kata Bajra dan Sandhi. Bajra artinya Genta dan Sandhi artinya suci. Jika dilihat dari bentuk bangunan monumen, memang terlihat seperti Genta Suci yang digunakan oleh para pendeta agama Hindu, saat mengucapkan mantra dalam upacara persembahyangan.

Keunikan Bajra Sandhi Denpasar Bali

Bagi wisatawan Asia seperti Jepang, China, Korea, keunikan monumen Bajra Sandhi terlihat seperti Pagoda. Oleh karena itu, banyak wisatawan Asia yang mengangap monumen ini adalah Pagoda, seperti di negara mereka.
Jadi jika anda mengunjungi tempat wisata di Denpasar ini, jangan terkejut jika anda melihat sebagian besar wisatawan adalah wisatawan Asia.
Fasilitas monumen Bajra Sandhi selain museum, juga terdapat perpustakaan, kolam ikan, kerajinan tangan dan tentunya toilet buat pengunjung. Di tengah-tengah bangunan dibagian dalam, terdapat 4 anak tangga, yang mana saja boleh anda gunakan untuk menaiki lantai 2.
Di lantai dua monumen terdapat museum yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Bali dari masa pra sejarah, perkembangan peradaban rakyat Bali, sejarah perkembangan kerajaan Bali, hingga jaman perjuangan rakyat Bali merebut kemerdekaan. Cerita perjuangan rakyat Bali ini digambarkan dalam 33 diorama. Oleh karena itu monumen ini juga sering disebut sebagai museum Bajra Sandhi.
Di lantai dua bangunan, terdapat tangga melingkar untuk menuju lantai tiga dan terasa sedikit pusing saat menaikinya. Di lantai tiga bangunan monumen, terdapat ruangan yang cukup luas dan dikelilingi oleh jendela kaca. Dari bangunan di lantai tiga ini, anda dapat melihat 360 derajat pemandangan kota Denpasar dan sekitarnya. Tentunya anda tidak akan melihat bangunan pencakar langit di kota Denpasar, karena adanya Perda (peraturan daerah) larangan membangun lebih tinggi dari 30 meter.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi
Untuk tiket masuk ke monumen Bajra Sandhi:
  • Rp 5.000 / orang.
  • Parkir mobil Rp 5.000 / mobil.
  • Parkir sepeda motor Rp 2.000 / sepeda motor.

sumber:http://www.rentalmobilbali.net/monumen-bajra-sandhi/

1 komentar:

  1. AGEN KARTU ONLINE TERPERCAYA
    Layanan dan Keuntungan Bermain Kartu Online :
    >> Bisa Main Kapan Saja ( Online 24 Jam )
    >> Beragaram Permainan
    >> Transaksi Super Cepat
    >> Aplikasi Ringan
    >> Layanan Customer Service Yang Ramah Dan Profesional

    PROMO BESAR BESARAN YAITU :
    * BONUS ROLLINGAN UP TO 0,3 %
    * BONUS REFERRAL UP TO 15 %
    * DEPOSIT PULSA 100 % TANPA PEMOTONGAN

    INFO SELANJUTNYA HUBUNGI :
    + Fast Response : Live Chat
    + Link Alternatif : chaisenqq.net
    + WhatsApp : +855963087652

    BalasHapus